Aduh Bingung Apa yang Harus di Dahulukan Berqurban atau Aqiqah?

Aduh Bingung Apa yang Harus di Dahulukan Berqurban atau Aqiqah?
Mengingat bahwa bulan suci Ramadan udah usai, maka kita dapat didatangkan bersama dengan bulan Dzuhijjah, di mana pada bulan ini diperingati bersama dengan hari besar Islam yakni Hari Raya Idhul Adha. Sebagai mana kita ketahui bahwa semua umat muslim yang miliki kekuatan disarankan untuk berqurban.
Namun, kasus/pertanyaan yang kerap keluar berasal dari para netizen ini ialah mana yang kudu didahulukan aqiqah atau berqurban?Menurut mazhab Imam Syafi’i bahwa qurban dan aqiqah merupakan dua ibadah yang hukumnya sunah, yang di mana ibadah ini di tandai bersama dengan jalankan penyembelihan hewan yang udah memenuhi persyaratan tertentu. Perbedaan didalam dua amalan ini hanya ada pada saat pelaksanaannya dan style daging saat dibagikan. Dimana terkecuali qurban dilaksanakan pada bulan Dzulhijah tepatnya¬† ditanggal 11, 12, dan 13 (hari tasrik) dan untuk aqiqah bebas waktunya tapi disarankan pelaksanaannya pada hari ketujuh sehabis kelahiran, sedang style daging untuk berqurban itu didalam situasi mentah dan terkecuali untuk aqiqah itu kudu didalam situasi dagingnya masak atau siap saji hikmah dari melaksanakan aqiqah .
Pelaksanaan aqiqah ini tidak benar satu tugas orang tua, tapi terkecuali seorang anak udah memasuki masa baligh maka aqiqah tersebut diserahkan kepada sang anak untuk melaksanakannya atau meninggalkannya, dapat tapi lebih baik terkecuali dilaksanakan.
Mengingat Hari Raya Idul Adha sebentar kembali dapat tiba, antara qurban dan aqiqah maka yang kudu di dahulukan yakni berqurban dibandingkan jalankan aqiqah. Namun terkecuali pelaksanaan aqiqah jauh berasal dari bulan berqurban maka boleh di dahulukan untuk jalankan aqiqah Jasa aqiqah Jakarta dan Bekasi .
Apakah sanggup terkecuali berqurban dan aqiqah disatukan didalam pelaksanaannya?
Untuk pelaksanaan ibadah Qurban dan aqiqah di jalankan secara sejalan itu terhitung diperbolehkan, tapi ada perihal yang  kudu diingat, bahwa kudu membaca sekaligus dua niat saat penyembelihan hewan qurban dan aqiqah, bersama dengan catatan tidak boleh dua niat didalam satu hewan qurban atau aqiqah.
Nah, sehabis membaca artikel ini, semoga sanggup mendapatkan jawaban atas teka-teki yang kerap munculn berasal dari para netizen disaat hari Raya Idul Adha dapat tiba. Mudah-mudahan artikel ini terhitung sanggup berfaedah bagi kita semua dan jangan lupa ya #Sahabatwan untuk jalankan ibadah Qurban bersama dengan Yayasan Wujud Aksi Nyata saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *